Kamis, 25 Agustus 2016

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Saat ini kita hidup di zaman era globalisasi dimana zaman yang serba modern, zaman yang sudah sangat canggih akan teknologi-teknologi yang terus dikembangkan oleh manusia. Di zaman yang serba modern ini kiita sudah terbilang  sangat bergantung dengan teknologi. Seperti yang bisa kita lihat saat ini, pengguna teknologi  seperti gadget, smartphone sudah tidak hanya digunakan oleh kalangan remaja dan dewasa saja, namun dimana-mana kita sudah menemukan mulai dari anak kecil sudah mengenal dengan yang namanya teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Semua kalangan dapat mengakses teknologi dengan mudah.
Perkembangan teknologi saat ini berevolusi semakin pesat sesuai dengan kebutuhan manusia dan sangat mendunia sekali. Contohnya kita ambil dari sekeliling kita saja, misalnya handphone. Handphone yang kira-kira 10 tahun lalu hanyalah sebual alat komunikasi nirkabel namun sata ini sudah bisa digunakan untuk banyak hal seperti meyimpan gambar, merekam gambar, dll.
Tidak hanya  berdampak pada kehidupan manusia itu sendiri,namun kemajua teknologi juga berdampak pada bagaimana kemajuan suatu negara. Itu terlihat dari segi kemajuan teknologi yang dikuasai oleh suatu negara. Untuk negara Indonesia sendiri masih terbilang belom maju dalam bidang teknologi. Mengapa demikian? Kurangnya kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor industri, sinergi kebijakan masih lemah, dan masih sedikitnya ilmuan yang ada di Indonesia.
Kemajuan teknologi memiliki dampak positif bagi masyarakat, yaitu :
1.       Terbukanya pasar internasional.
2.       Terbukanya lapangan pekerjaan bagi orang lain sehingga menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.
3.       Mendapatkan informasi dengan cepat dan dimana saja.
4.       Berkembangnya penerbitan informasi elektronik seperti faksimile, newsletter, majalah yang dapat mengurangi penggunaan kertas.
5.       Masyarakat dapapt berwawasan secara luas.
6.       Masyarkat dapat menyampaikan pendapat dengan mudah melalui berbagai macam sosial media.
7.       Persaingan dalam dunia kerja semakin meningkat sehingga menuntut para pekerja untuk mengeluarkan skill yang dimilikinya dengan bersaing secara sehat.
Selain dampak positif, teknologi memiliki dampak negatif juga, yaitu :
1.       Lupa terhadap waktu.
2.       Menyebabkan yang jauh menajdi dekat, yang dekat menjadi jauh.
3.       Terdapat penyalahgunaan fungsi teknologi seperti menyebarnya video porno dengan mudah diakses yang dapat menyebabkan maraknya kejahatan seksual.


Sumber : klik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar