Kamis, 25 Agustus 2016

Lombok I Love You

Lombok, begitulah nama pulau tempatku dilahirkan. Terdengar dari namanya, mungkin bagi orang kota Lombok itu memiliki arti cabai. Namun sebenarnya arti dari Lombok itu sendiri berasal dari bahasa sasak yang berarti lurus. Lombok terletak diantara pulau Bali dan pulau Sumbawa tepatnya di provinsi NTB. Lombok dikenal dengan Pulau seribu masjid. Mengapa demikian? Karena jika kalian berada di Lombok tidak akan sulit mencari masjid di sepanjang jalannya pasti kalian akan sering melihat masjid. Baru-baru ini Lombok menjadi tuan rumah MTQ aNasional 2016, itu merupakan suatu kebanggan untuk warga NTB. Saat ini warga NTB dipimpin oleh Tuan Guru H. Zainul Majdi atau biasa dipanggil TGB (Tuan Guru Bajang).
Lombok sangat identik dengan tempat wisatanya, kulinernya, tradisi dan budayanya. Wisata apa saja yang bisa dikunjungi di Lombok? Banyak sekali, ada pantai, air terjun, desa tradisional, dan tentu saja kita bisa menikmati pesona Gunung Rinjani. Selain itu juga Lombok sudah menjadi wisata kuliner halal yang sudah diakui di dunia internasional. Tidak heran jika Lombok dijadikan sebagai destinasi wisata baik wisatawan domestik maupun internasional.
Saat ini berbagai macam budaya dan tradisi yang ada di Lombok, disini aku akan memberikan beberapa budaya dan tradisi masyarakat Lombok.
1.       Bau Nyale
Bau nyale merupakan suatu peristiwa yang sangat sakral dan melegenda. Asal usul bau nyale ini berawal dari seorang Putri Raja dari Tonjang Baru yang bernama Putri Mandalika. Putri Mandalika memiliki paras yang cantik dan memiliki hati yang sangat baik. Karena kecantikannya itu, banyak para Putra Raja yang memperebutkannya. Putri Mandalika tidak bisa memilih salah satu diantara mereka karena pasti akan menimbulkan peperangan. Sang Putri mengambil keputusan pada tanggal 20 bualn sepuluh dengan cara menceburkan diri ke laut tepatnya di pantai Seger. Dipercaya oleh masyarakat sekitar bahwa nyake merupakan binatang laut yang menjadi jelmaan Putri Mandalika. Acara ini dilakukan setahun sekali, dan selalu banyak pemburunya.

2.       Periseian
Periseian merupakan kesenian bela diri antara dua orang yang disebut pepadu dan dipandu oleh seorang wasit. Periseian ini sejenis bermain pedang namun alat yang digunakan berbeda, yang dimana alat untuk memukul lawan menggunakan rotan yang sudah dipilit, dan perisai yang berasal dari kulit sapi.
3.       Gendang Beleq
               Gendang beleq merupakan alat kesenian musik yang dimainkan secara berkelompok. Gendang berasal dari kata gendang itu sendiri, dan beleq berasal dari bahasa sasak yang berarti besar.

        Selain budayanya, Lombok juga memiliki beberapa makanan khas yang terkenal pedasnya dan tidak boleh untuk dilewatkan. Diantaranya adalah :
1.       Pelecing Kangkung
     Pelecing kangkung adalah makanan yang terdiri dari kangkung dan ditambahkan sedikit touge yang akan diberikan bumbu cabe rawit, garam, terasi, tomat yang diulek. Yang membuat pelcing kangkung khas Lombok sangat enak adalah kangkung yang tumbuh di Lombok berbeda dengan kangkung di daerah lain.
2.       Ayam Taliwang
              Ayam Taliwang memiliki beberapa pilihan sesuai selera kita, ada yang dibakar, dipanggang, digoreng. Ayam taliwang terkenal juga dengan bumbu pedasnya yang super enak. Kita tidak hanya menemukan ayam taliwang di restoran saja, namun banyak juga PKL yang berjualan ayam taliwang.
3.       Sate
Di Lombok terdapat beberapa sate yang sangat digemari, diantaranya :
a.       Sate Bulayak
         Sate bulayak terbuat dari daging sapi dan biasanya disediakan bersama lontong.
b.      Sate Tanjung
        Sesuai namanya sate Tanjung berasal dari Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Sate Tanjung terbuat dari ikan laut dan santan kental dan ditambahkan bumbunya.
c.       Sate Rembige
            Sate Rembige terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbunya yang sangat lezat. Sate Rembiga ini dapat dijumapi di Rembiga Kota Mataram.
               
                Jika berkunjung ke Lombok jangan khawatir jika ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga saat kembali nanti. Lombok memiliki banyak oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada kain tenun khas Lombok yang dapat dijumpai di desa tradisional seperti Desa Sade, Desa Bayan, Desa Sembalun, dll. Selain kain tenun Lombok juga memiliki mutiara yang memiliki keindahan tersendiri, dan dapat dijumpai di Sekarbela. Selain itu juga ada kerajinan yang berasal dari tanah liat, kerajinan tersebut sangat mudah untuk didapatkan di desa Banyumulek.

Intinya kalo ke Lombok pasti gak mau pulang deh #JangankeLombokNantiGakMauPulang. Masih bingung gak mau mencoba liburan di Lombok? Lombok menurutku surga yang tersembunyi. Karena alam Lombok harus dijelajahi agar kita dapat mengetahui betapa indahnya Lombok. 



Sumber : klik
klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar